SEO, Tutorial Blogger, Tips dan Trik, Cara Blogging, Ngeblog, SERP, Script, Google Adsense

Kamis, 27 Oktober 2016

Fungsi Sitemap.xml Terhadap SEO

13.51.00 Posted by Arjuna ray , No comments
SitemapBlogger memiliki Banyak fitur-fitur untuk membantu para pengguna platform Blogger dalam upaya meningkatkan SEO blog. Beberapa di antaranya adalah custom robots.txt, custom meta description, custom page not tound (404 page), custom meta robots tag dan Blogger custom redirects (beberapa lainnya akan saya bahas pada posting-posting mendatang).


Artikel Terkait: Apa itu robots.txt dan apa pula fungsinya..

Setelah rilisan fitur-fitur tersebut, Blogger juga menambahkan satu halaman baru yang sangat bermanfaat bagi SEO, yaitu XML Sitemap. Yang dimaksud sitemap di sini adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi search engine, bukan sitemap bagi pengunjung (daftar isi) .

Selama ini, kita hanya bisa membuat sitemap yang berasal dari feeds dan dimodifikasi sedemikian rupa agar menampilkan seluruh list konten halaman dan agar dapat dibaca oleh crawler dengan baik. Modifikasi biasanya dengan menambahkan query/parameter seperti alt (json ) dan callback (loadtoc).

Format sitemap blogger hasil modifikasi tersebut kemudian didaftarkan di Google Webmaster Tools . Nah, untuk memberikan kemudahan baru bagi user, Blogger menambahkan satu fitur baru, Sitemap XML, sitemap dengan format yang sangat mudah untuk dibaca oleh search engine guna melengkapi proses pengindeks-an. Sitemap sendiri berfungsi untuk memberikan informasi kepada search engine mengenai seluruh halaman dan konten yang ada dalam sebuah web/blog, karena akan sangat mungkin search engine luput" mengindeks beberapa halaman karena tidak ada link yang diikuti (simak 3 Proses/Sistem Kerja Search Engine di tautweb.com).

Sitemap XML blogger ini bukanlah sekedar "sitemap biasa". Skema yang digunakan berdasarkan skema (XLMNS) yang disusun oleh sitemaps.org , tipe skema yang sangat direkomendasikan oleh search engine besar seperti Google dan Bing karena mudah untuk dicrawl, mengandung informasi yang lengkap (tanggal/waktu update, prioritas pengindeksan, lokasi) dan tidak mengandung kueri. Oleh karena itu, kini saatnya anda memanfaatkan fitur sitemap (yang sesungguhnya) untuk mengoptimalkan SEO blog.

Sitemap ini pun bersifat plain , tidak menggunakan styling (CSS), karena hanya dibuat untuk "mata" search engine. Justru sangat bagus, karena memang tidak perlu ada styling pada sitemap agar dapat langsung dibaca susunanya oleh search engine tanpa terhalang dulu oleh beberapa styling yang "mengganggu". Jika anda pengguna WoprdPress dan menggunakan plugin untuk membuat Sitemap XML otomatis, sebaiknya matikan fitur styling agar sitemap yang ditampilkan plain .

Sitemap XML tidak perlu dilihat/dibaca manusia karena langsung disimpan di dalam root directory , sama seperti robots.txt , maka untuk mengakses sitemap cukup gunakan url blog ditambah dengan nama dan format file sitemap: sitemap.xml .

Jadi untuk mengeceknya, silahkan anda lihat sitemap blog anda dengan url: http://blognyasobat.blogspot.com/sitemap.xml

Saya rasa semua pembahasan sudah jelas/lengkap, Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang SEO lainnya :-)

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar